Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan 30 Kuda Delman

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur, Kamis (10/6), menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kuda delman secara gratis di kawasan Pulo Jahe Jl Pengarengan RT 11/07 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI, Rismiati mengatakan, kegiatan bakti sosial ini sebagai upaya pengendalian penyakit hewan menular dan peningkatan kesejahteraan pada kuda delman.

Kegiatan ini dilakukan jajaran Dinas KPKP DKI berkolaborasi dengan Balai Veteriner Subang, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta, Asosiasi Dokter Hewan Kuda Indonesia (ADHKI) dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

"Kegiatan bakti sosial ini dikemas dalam bentuk pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan pakan serta pengambilan sampel darah kuda," kata Rismiati, usai membuka kegiatan ini.

Guna mengetahui penyakit hewan yang membahayakan, lanjut Rismiati, sampel darah kuda diambil untuk diperiksa di Laboratorium Balai Veteriner Subang, Jawa Barat.  

Kasudin KPKP Jakarta Timur, Yuli Absari menjelaskan, total jumlah kuda yang diperiksa dan diambil sampel darahnya ada 30 ekor. Ia berharap, hasil pemeriksaan laboratorium nanti, tidak ditemukan adanya penyakit hewan yang membahayakan.

"Penanganan kesehatan kuda ini gratis kita berikan dan rutin. Diharapkan tidak ada kuda yang sakit. Kalaupun ada yang sakit bisa cepat diobati karena kuda ini dimanfaatkan warga untuk mencari nafkah," kata Yuli.

Sementara, Lurah Jatinegara, Slamet Sihabudin, mengingatkan kepada warga pemilik kuda untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami haturkan terima kasih untuk jajaran Dinas KPKP DKI yang rutin melakukan pemeriksaan hewan kuda delman milik warga," ucapnya.

Apresiasi juga diutarakan Yadi (50), salah seorang pemilik kuda delman di Jakarta. Dia mengaku, kudanya yang mengalami gatal-gatal langsung disuntik vitamin dan diolesi obat salep oleh petugas.  

"Saya sangat senang dan terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan oleh pemerintah," tandasnya.